Musyawarah Kerja : Pembahasan Rancangan Program Kerja BUMDes SAHABAT oleh Anggota BUMDes didampingi Mahasiswa MMD UB kepada Pemerintahan Desa

  • Jul 30, 2023
  • KALIPARE.KALIPARE

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah salah satu instrumen penting dalam pembangunan lokal di Indonesia. BUMDes merupakan wadah bagi masyarakat desa untuk berperan aktif dalam pengembangan ekonomi dan sosial di tingkat desa. BUMDes merupakan badan usaha yang dimiliki dan dikelola sepenuhnya oleh masyarakat desa. Badan ini berfungsi sebagai lembaga ekonomi lokal yang bergerak di berbagai bidang usaha, seperti pertanian, perdagangan, industri kecil, pariwisata, dan jasa lainnya. BUMDes biasanya didirikan sebagai Koperasi Desa atau Perusahaan Desa, tergantung pada kebijakan dan kebutuhan setempat. BUMDes sendiri memiliki beberapa peran dan fungsi, diantaranya yaitu sebagai Pemberdaya Ekonomi Masyarakat Desa, Pengelola Sumber Daya Alam dan Potensi Lokal, Meningkatkan Infrastruktur dan Pelayanan Masyarakat, serta Meningkatkan Akses Keuangan. BUMDes memainkan peran penting dalam mendorong pembangunan lokal di tingkat desa. Melalui upaya pemberdayaan ekonomi dan pengelolaan sumber daya lokal, BUMDes membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa, serta menyumbang pada pembangunan infrastruktur dan pelayanan sosial yang lebih baik. Dengan dukungan yang tepat, BUMDes dapat menjadi motor penggerak kemajuan di desa-desa Indonesia dan membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Desa Kalipare sendiri memiliki BUMDes yang bernama BUMDes SAHABAT. Kantor BUMDes SAHABAT bertempat tepat di depan Kantor Desa Kalipare. BUMDes SAHABAT ini sudah vakum cukup lama dan baru akan aktif kembali pada tahun ini dengan kepengurusan yang baru. Namun, terdapat beberapa permasalahan pada BUMDes kepengurusan saat ini yaitu terhambatnya proses legalitas dikarenakan kurangnya satu berkas yang berisi draf program kerja BUMDes dan minimnya sinkronisasi antara pihak pemerintahan desa dan anggota BUMDes sehingga BUMDes SAHABAT ini belum dapat berjalan dengan semestinya. Hal ini menjadi keresahan Pemerintah Desa Kalipare. Keresahan ini disampaikan oleh Pemerintah Desa kepada Mahasiswa UB yang saat itu survei untuk keperluan MMD 2023. Sebagai tindak lanjut dari keresahan Pemerintah Desa tersebut, BUMDes ini menjadi salah tema dari program kerja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa MMD 2023 Kelompok 7.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, mahasiswa MMD Kelompok 7 melakukan beberapa kali konsultasi dan mediasi dengan perangkat desa, anggota BUMDes baru, dan anggota BUMDes lama. Mediasi pertama melalui Rapat Koordinasi yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2023 . Pada rapat koordinasi ini membahas PERDES pembentukan BUMDes Desa Kalipare dan PERDES AD/ART BUMDes Desa Kalipare. Pada rapat koordinasi ini dihadiri oleh 3 orang pengurus BUMDes dan satu orang perangkat Desa Kalipare, adapun hasil dari rapat kerja kali ini adalah penyelarasan kepentingan dari pihak pemerintah desa dan pengurus BUMDes yakni penyusunan draf program kerja yang menjadi langkah terakhir dari proses legalitas BUMDes Desa Kalipare.

Sebagai tindak lanjut dari hasil rapat koordinasi sebelumnya, mahasiswa MMD Kelompok 7 mengadakan forum kembali yaitu Musyawarah Kerja yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2023. Musyawarah Kerja ini dihadiri oleh seluruh pengurus BUMDes Desa Kalipare, Sekretaris Desa Kalipare, beberapa perangkat Desa Kalipare, dan Pendamping Desa Kalipare. Pada musyawarah kerja ini membahas program kerja BUMDes Desa Kalipare. Mahasiswa MMD Kelompok 7 disini sebagai penyedia forum, pembanding, dan penanggung jawab dalam musyawarah kerja BUMDes Desa Kalipare ini. Musyawarah Kerja ini merupakan proses final dari penyelesaian masalah BUMDes Kalipare saat ini. Hasil dari Musyawarah Kerja ini yaitu adanya sinkronisasi dan harmonisasi diantara kedua belah pihak yakni pemerintah desa dan pengurus BUMDes serta adanya harmonisasi arah gerak dan program kerja BUMDes Desa Kalipare.

Setelah beberapa kali mediasi yang dilakukan oleh Mahasiswa MMD UB 2023 Kelompok 7 mengenai BUMDes kalipare ini, harapannya dapat menjawab dan menyelesaikan keresahan yang disampaikan Pemerintah Desa. Harapannya BUMDes SAHABAT Desa Kalipare ini dapat segera berjalan dan berkembang agar dapat meningkatkan kesejahteraan msyarakat Desa Kalipare.

 

#MMDUB2023

#MahasiswaMembangunDesa

#Kelompok7MMDUB2023