Menggerakkan Pilar Kesehatan Masyarakat: Mahasiswa MMD UB 2023 Berkontribusi dalam Kegiatan Posyandu Desa Kalipare

  • Jul 29, 2023
  • KALIPARE.KALIPARE

Kesehatan merupakan aset berharga bagi setiap masyarakat. Tanpa kesehatan yang baik, sulit bagi individu untuk berfungsi secara optimal dan masyarakat untuk berkembang dengan baik. Di Indonesia, upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di tingkat desa dan kelurahan telah diwujudkan melalui program Pos Pelayanan Terpadu, yang lebih dikenal dengan sebutan Posyandu. Tujuan utama dari program Posyandu adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencapai beberapa target khusus, seperti Peningkatan Cakupan Imunisasi, Pemantauan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, dan Penyuluhan Kesehatan. Pelaksanaan program Posyandu melibatkan peran aktif masyarakat, tenaga kesehatan, dan pemerintah. Mereka memiliki peran penting dalam memberikan layanan kesehatan, melakukan pemeriksaan rutin, memberikan imunisasi, dan memberikan penyuluhan kesehatan. Posyandu biasanya diadakan secara rutin, misalnya setiap bulan atau dua bulan sekali. Tempat pelaksanaan Posyandu bisa berada di balai desa, aula, atau tempat umum lainnya agar mudah diakses oleh warga masyarakat.

Sama hal nya seperti desa-desa lain, di Desa Kalipare pun memiliki program Posyandu. Posyandu Desa Kalipare memiliki peran untuk penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, memantau tumbuh kembang balita, ibu, dan anak, serta mengadakan imunisasi. Untuk melaksanakan peran tersebut, tentunya Posyandu Desa Kalipare membutuhkan tenaga lebih mengingat banyaknya target dari Posyandu itu sendiri. Oleh karena itu, dengan adanya Mahasiswa Membangun Desa 2023 kelompok 7, sangat membantu terlaksananya kegiatan Posyandu tersebut. Pada bulan Juli ini, Posyandu Kalipare melaksanakan beberapa kegiatan seperti ANC Ibu Hamil, Posyandu Balita dan Anak, Screening Kesehatan SMP dan SMA, serta Penyuluhan Sikat Gigi pada anak TK.

Kegiatan pertama yaitu ANC Ibu Hamil yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Kalipare. Mahasiswa MMD UB 2023 Kelompok 7 juga ikut andil dalam kegiatan ini. Mahasiswa kelompok 7 membantu dalam persiapan keperluan kegiatan, pengisian daftar hadir, dan pemberian biskuit ibu hamil.  Kegiatan ini dimulai dengan penyuluhan tentang nutrisi dan kegiatan yang baik untuk ibu hamil yang disampaikan oleh ibu bidan. Setelah penyuluhan tersebut dilanjutkan dengan pengukuran berat dan tinggi badan. Pengukuran berat dan tinggi badan ini di bantu oleh mahasiswa MMD UB kelompok 7. Setelah itu dilanjutkan dengan pengecekan kesehatan oleh pihak Posyandu.

Kegiatan kedua yaitu Posyandu Balita dan Anak yang dilaksanakan di Dusun Sumbermaron pada tanggal 15 Juli 2023. Seperti kegiatan posyandu biasanya yang terdiri dari pendataan berat dan tinggi badan serta imunisasi. Kegiatan ketiga yaitu screening kesehatan siswa SMP dan SMA Jendral Soedirman pada tanggal . Screening ini ditujukan untuk siswa SMP dan SMA seluruh angkatan. Kegiatan screening ini terdiri dari pengukuran tinggi dan berat badan, pengecekan mata dan telinga, serta pendataan riwayat penyakit. Pada kegiatan screening ini, mahasiswa MMD UB Kelompok 7 membantu dalam presensi, pengukuran tinggi dan berat badan, serta pendataan riwayat penyakit.

Kegiatan selanjutnya yaitu penyuluhan sikat gigi pada anak TK. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2023 bertempat di RA Tasywiqul Arifin. Kegiatan ini terdiri dari senam pagi bersama, screening kesehatan, dan penyuluhan sikat gigi. Penyuluhan ini dibantu oleh mahasiswa MMD UB Kelompok 7. Teman- teman mahasiswa berperan dalam memberikan contoh bagaimana sikat gigi yang baik dan benar.

Kegiatan Posyandu ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat, Tim Posyandu, dan Mahasiswa MMD UB Kelompok 7. Dengan adanya kegiatan Posyandu ini, Tim Posyandu dapat melaksanakan tugasnya dan kesehatan masyarakat Desa Kalipare dapat terjaga. Selain itu dengan adanya kegiatan ini, Mahasiswa MMD UB Kelompok 7 menjadi lebih dekat dengan masyarakat, karena terjun langsung untuk membantu melayani masyarakat di desa ini.

 

#MMDUB2023

#MahasiswaMembangunDesa

#Kelompok7MMDUB2023